Saturday, 23 Feb 2019

Gunung Merapi Memuntahkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer

news24xx


Gunung Merapi Gunung Merapi

NEWS24.CO.ID - Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas. Pada Kamis malam, 7 Februari, gunung berapi memuntahkan awan panas sejauh dua kilometer selama 215 detik menuju arah Tenggara. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Bencana Geologi Yogyakarta (BPPTKG) mencatat amplitudo sebesar 70.

"Status Merapi sekarang berada pada level II atau siaga," kata Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida pada hari Jumat, 8 Februari.

Ketika awan panas itu dipancarkan, hujan abu ringan terjadi — menuju timur laut menuju wilayah Boyolali di Jawa Tengah. Sebelum aliran awan panas, dari pukul 00:00 hingga 06:00 ada juga 17 gempa yang tercatat dari guguran lava dengan durasi 15-93 detik.

BPPTKG mendesak masyarakat untuk menjauh dari puncak — di luar radius tiga kilometer; kecuali untuk kegiatan mitigasi bencana. Warga di kawasan Rawan III Bencana diminta meningkatkan kewaspadaan. BPPTKG juga merekomendasikan penutupan jalur pendakian Gunung Merapi kecuali untuk penyelidikan dan tujuan penelitian yang terkait dengan mitigasi bencana.

"Jika ada perubahan aktivitas Gunung Merapi, kami akan segera memeriksanya," kata petugas pemantauan BPPTKG Kholik.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV