Friday, 26 Apr 2024

Ilmuwan Membuat Ayam Untuk Melawan Pandemi Mematikan

Ayam Ayam

NEWS24.CO.ID - Ilmuwan Inggris sedang mengembangkan ayam yang gennya dirancang agar benar-benar tahan terhadap flu dalam pendekatan baru untuk mencoba menghentikan pandemi manusia mematikan berikutnya. Anak ayam transgenik pertama akan ditetaskan akhir tahun ini di Roslin Institute di University of Edinburgh di Skotlandia, kata Wendy Barclay, seorang profesor virologi di Imperial College London yang turut memimpin proyek ini.

DNA burung telah diubah menggunakan teknologi pengeditan gen baru yang dikenal sebagai CRISPR. Dalam hal ini "pengeditan" adalah untuk menghilangkan bagian-bagian dari protein di mana virus flu biasanya tergantung, membuat ayam-ayam tersebut benar-benar tahan flu. Idenya adalah untuk menghasilkan unggas yang tidak bisa terkena flu dan akan membentuk "penyangga antara burung liar dan manusia", kata Barclay.

Spesialis kesehatan global dan penyakit menular mengutip ancaman pandemi flu manusia sebagai salah satu kekhawatiran terbesar mereka.

Jumlah korban dalam pandemi flu terakhir pada 2009/10 - yang disebabkan oleh jenis H1N1 dan dianggap relatif ringan - adalah sekitar setengah juta orang di seluruh dunia. Flu Spanyol 1918 yang bersejarah menewaskan sekitar 50 juta orang.

Ketakutan terbesar sekarang adalah bahwa strain mematikan dapat melompat dari burung liar melalui unggas ke manusia, dan kemudian bermutasi menjadi bentuk udara pandemi yang dapat dengan mudah menular antar manusia.

"Jika kita dapat mencegah virus influenza menyeberang dari burung liar ke ayam, kita akan menghentikan pandemi berikutnya di sumbernya," kata Barclay.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 di jurnal Nature, tim Barclay menemukan bahwa gen yang ada pada ayam yang disebut ANP32 mengkodekan protein dimana semua virus flu bergantung pada untuk menginfeksi inang. Tes laboratorium terhadap sel yang kekurangan gen menunjukkan mereka tidak dapat terinfeksi flu.

Mengajak para ilmuwan di Roslin, Barclay mengatakan rencananya adalah menggunakan CRISPR untuk mengedit DNA anak-anak ayam sehingga hanya satu bagian dari protein utama yang diubah, membuat sisa burung persis sama, secara genetik, seperti sebelumnya.

"Kami telah mengidentifikasi perubahan terkecil yang akan menghentikan virus di jalurnya," katanya.

Ilmuwan Roslin Institute mendapatkan ketenaran pada tahun 1996 sebagai pencipta "Dolly the sheep", hewan hasil kloning pertama di dunia. Mereka juga menciptakan babi yang diedit gen untuk membuatnya kebal terhadap virus.

Barclay mengatakan salah satu rintangan terbesar dalam pendekatan ini adalah kekhawatiran produsen unggas tentang penerimaan publik. "Orang-orang makan makanan dari hewan ternak yang telah diubah oleh puluhan tahun pemuliaan tradisional," katanya. "Tapi mereka mungkin gugup tentang makan makanan yang diedit gen."

NEWS24.CO.ID/RED/DEV