Friday, 19 Apr 2024

Kepercayaan Konsumen Naik 1,5 Persen Menjadi 102,3 Pada Januari 2019

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Indeks kepercayaan konsumen (CCI) naik 1,5 persen dari bulan-ke-bulan menjadi 102,3 dari 100,7 pada bulan Desember, mencerminkan peningkatan selama tiga bulan berturut-turut, menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Danareksa Research Institute (DRI).

Indeks situasi saat ini (PSI) dan indeks harapan (EI) masing-masing juga naik 1,3 persen dan 1,7 persen menjadi 86,7 dan 114,0.

“Dalam survei kami, konsumen memberikan penilaian lebih positif pada kondisi ekonomi saat ini dan pasar kerja. Selain itu, mereka juga lebih optimis terhadap prospek ekonomi nasional dan lokal selama enam bulan ke depan, ”kata DRI dalam pernyataan pers yang dirilis pada hari Jumat.

Survei tersebut mengungkapkan bahwa 63,3 persen konsumen menganggap harga pangan yang tinggi merupakan aspek negatif utama bagi ekonomi lokal selama tiga bulan terakhir, turun dari 66,8 persen ketika mereka disurvei pada bulan Desember, sementara 37,7 persen khawatir tentang kelangkaan pekerjaan dari 39,1 persen pada bulan Desember .

Responden sebagian besar memperkirakan tekanan inflasi menurun selama enam bulan ke depan karena indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap harga umum turun 0,2 persen menjadi 176,7.

"Penurunan ini mencerminkan harga bahan makanan pokok yang lebih rendah, penurunan biaya transportasi setelah musim liburan dan penurunan harga bahan bakar non-subsidi," kata lembaga itu.

Indeks niat beli, yang melacak rencana konsumen untuk membeli barang tahan lama selama enam bulan ke depan, naik tipis menjadi 185,5 pada Januari, menyusul kenaikan 0,8 persen di bulan sebelumnya.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...