Friday, 19 Apr 2024

Gempa Berkekuatan 5,0 SR Guncang Tapanuli Utara

news24xx


IlustrasiIlustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter menyentak Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, pada Selasa pukul 6:59 pagi waktu setempat.

Episentrum gempa terletak di 1,77 derajat lintang utara dan 99,09 derajat bujur timur, 31 km tenggara Tarutung Utara, dan pada kedalaman 10 km, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan di situsnya, Selasa.

Gempa itu adalah gempa bumi dangkal yang dipicu oleh aktivitas zona sesar Sumatra di segmen Toru-nya.

Gempa itu dirasakan oleh warga Tarutung dan Sipahutar di IV MMI (intensitas mercalli yang dimodifikasi), dan Porsea di MMI II-III.

Banyak penduduk setempat yang dilanda kepanikan ketika gempa terjadi, dan mereka bergegas keluar dari rumah mereka.

Getaran tidak memiliki potensi untuk memicu tsunami berikutnya.

Indonesia adalah salah satu negara paling rawan bencana di dunia, karena terletak di "Cincin Api Pasifik" tempat sejumlah besar gunung berapi dan gempa bumi terjadi.

Selama periode Januari-Desember 2018, setidaknya 2.427 bencana alam melanda Indonesia, menyebabkan 4.821 orang meninggal atau hilang, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami juga menyebabkan cedera pada setidaknya 8.400 orang, mengungsikan hampir 10 juta lainnya, dan merusak sekitar 400 ribu rumah pada tahun lalu.

 

 

NEWS24.CO.ID/DEV/RED





Loading...