Tuesday, 23 Apr 2024

Sinyal Radio Misterius Terdeteksi Dari Angkasa Luar

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Para astronom telah mengungkap detail sinyal misterius yang berasal dari galaksi jauh, yang diambil oleh teleskop di Kanada. Sifat tepat dan asal dari ledakan gelombang radio tidak diketahui. Di antara 13 ledakan radio cepat, yang dikenal sebagai FRB, adalah sinyal berulang yang sangat tidak biasa, berasal dari sumber yang sama sekitar 1,5 miliar tahun cahaya.

Peristiwa semacam itu hanya pernah dilaporkan satu kali sebelumnya, oleh teleskop yang berbeda.

"Mengetahui bahwa ada yang lain yang menunjukkan bahwa mungkin ada lebih banyak di luar sana," kata Ingrid Stairs, seorang astrofisika dari University of British Columbia (UBC).

"Dan dengan lebih banyak pengulang dan lebih banyak sumber yang tersedia untuk dipelajari, kita mungkin dapat memahami teka-teki kosmik ini - dari mana mereka berasal dan apa yang menyebabkannya."

Observatorium CHIME, yang terletak di Lembah Okanagan British Columbia, terdiri dari empat antena semi-silinder sepanjang 100 meter, yang memindai seluruh langit utara setiap hari. Teleskop itu baru saja berdiri dan berjalan tahun lalu, mendeteksi 13 dari radio itu meledak dengan segera, termasuk repeater.

Penelitian ini sekarang telah dipublikasikan di jurnal Nature.

"Kami telah menemukan repeater kedua dan propertinya sangat mirip dengan repeater pertama," kata Shriharsh Tendulkar dari McGill University, Kanada.

"Ini memberi tahu kita lebih banyak tentang properti repeater sebagai populasi."

FRB adalah gelombang pendek dan terang dari gelombang radio. Sejauh ini, para ilmuwan telah mendeteksi sekitar 60 ledakan radio cepat tunggal dan dua yang berulang. Mereka percaya mungkin ada sebanyak seribu FRB di langit setiap hari.

Ada sejumlah teori tentang apa yang menyebabkannya.

Mereka termasuk bintang neutron dengan medan magnet yang sangat kuat yang berputar sangat cepat, dua bintang neutron bergabung bersama, dan, di antara minoritas pengamat, beberapa bentuk pesawat ruang angkasa alien.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...