Sunday, 20 Jan 2019

Konsumsi Mie Instan yang Berlebihan dapat Menyebabkan Kanker kata Ahli

news24xx


Mie InstanMie Instan

NEWS24.CO.ID - Benarkah mengkonsumsi mie instan adalah sumber karsinogen? Spesialis bedah dan ahli gastroenterologi dari RS Kanker Dharmais, Dr. Fajar Firsyada Sp.B-KBD mengatakan bahwa ia baru-baru ini melihat kasus kanker hati stadium 4 pada pasien berusia 13 tahun.

“Dalam dua tahun terakhir, pasien ini menolak makan selain mie instan. Pasien tidak memiliki catatan kanker dalam keluarganya. Makanan ini ditentukan menjadi penyebab begitu pasien ditanya tentang pola makan, ”kata dokter ketika Tempo bertemu dengannya di Pusat Informasi dan Dukungan Kanker (CISC) pada hari Kamis, 03 Januari 2018.

Dia menjelaskan bahwa sel normal dapat berubah menjadi sel kanker setelah bersentuhan dengan makanan yang mengandung karsinogenik, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Dia mengatakan bahwa penelitian mengungkapkan mengkonsumsi dalam porsi besar secara terus menerus meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker di saluran pencernaan hingga usus.

“Ini bukan tentang produk itu sendiri, tetapi zat-zat yang diakomodir hati pada akhirnya. Zat karsinogenik itu bisa memicu sel kanker. Sangat disarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi mie instan, terutama porsi besar yang sekarang tersedia, ”kata Dr. Fajar.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV