Saturday, 20 Apr 2024

Ini Dia, 3 Mobil SUV yang Siap Meluncur Awal Tahun 2019 Ini

news24xx


Penampilan baru Avanza masih ditunggu konsumen di Tanah Air. (ilustrasi/int)Penampilan baru Avanza masih ditunggu konsumen di Tanah Air. (ilustrasi/int)
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - PEKANBARU- Persaingan produsen otomotif di tahun 2019 ini, diperkirakan akan tetap kompetitif. Khusus untuk awal tahun ini, produsen mobil asal Jepang dan China telah mulai memperkenalkan produk model terbarunya dalam situs pencarian di Google. Diperkirakan, pada Januari 2019 ini, produk-produk terbaru tersebut sudah mulai diluncurkan ke pasaran.

Seperti Toyota dan Daihatsu asal Jepang, dikabarkan akan memperkenalkan kolaborasi terbarunya, yakni Avanza dan Xenia. Walaupun telah banyak beredar di internet, tapi belum ada penjelasan resmi dari Toyota ataupun Daihatsu tentang kebenaran foto-foto tersebut.


Read More : Inilah Bahaya Memakai Aplikasi Bajakan Menurut Praktisi Keamanan IT

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan model populer yang mengisi segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Di kelas ini, tercatat ada beberapa kompetitor seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina, dan Wuling Confero.

Banyak yang berharap Toyota Avanza terbaru nanti merupakan model yang benar-benar baru, seperti halnya All New Toyota Rush.

Menanggapi hal itu, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto dalam publikasi di website resmi Toyota mengatakan, bahwa konsumen di Indonesia menyukai mobil dengan desain yang kompak namun memiliki fungsionalitas tinggi. Serta memberikan kenyamanan dalam berkendara, baik pengemudi maupun penumpang.

Ditambahkannya, dari hasil survei yang dilakukan internal Toyota, konsumen menyukai perubahan eksterior pada sebuah kendaraan. Begitu pula fitur hiburan.

Menurut rumor yang beredar, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan menyematkan mesin yang sama seperti pada Toyota Rush dan Daihatsu Terios, yakni mesin berkode 2NR-VE dengan konfigurasi 4 silinder ini mampu menghasilkan tenaga 104 ps dan torsi 136 Nm.

Artinya, Xenia akan meninggalkan mesin lama mereka berkapasitas 1.300 cc. Sedangkan sistem penggerak roda belakang yang selama ini masih dianut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia,diperkirakan akan tetap dipertahankan.



Read More : Perusahaan Induk TikTok, ByteDance, Makin Serius Masuki Ruang Virtual Reality

Sementara itu, produsen asal China, Wuling, diperkirakan akan menggunakan nama Wuling Almaz. Sama seperti Toyota Avanza, foto-foto Wuling Almaz sudah banyak yang bocor di Internet.

Diler Wuling di Indonesia umumnya memposting foto-foto yang diduga sebagai Wuling Almaz di akun sosial media mereka seperti Instagram dan Facebook. Tenaga penjual Wuling bahkan terang-terangan menawarkan pemesanan atau booking kepada calon konsumen.

Dari foto, Wuling Almaz kemungkinan akan menggunakan monitor layar sentuh berukuran raksasa seperti yang diaplikasikan pada mobil listrik Tesla Model S.

Jika Tesla Model S menggunakan monitor layar sentuh 17 inci, Wuling Almaz mungkin akan menggunakan layar berukuran 10,4 inci atau sedikit di atasnya.

Layar sentuh ini menjadi tren yang dipakai mobil-mobil premium terbaru. Layar sentuh ini menjadi pusat pengatur berbagai fitur seperti penyejuk udara (AC), hiburan, navigasi, kaca jendela, sunroof, dan sebagainya.

Akan tetapi ini masih belum bisa dipastikan teknologi seperti apa yang akan diterapkan pada monitor raksasa Wuling Almaz.

Brand Manager Wuling Motor Indonesia, Dian Asmahani, belum memberikan penjelasan dalam situs resmi Wuling terkait rencana akan peluncuran Wuling Almaz.

Akan tetapi ia sudah memastikan bahwa SUV Wuling terbaru nanti akan mengisi segmen SUV medium. Mobil itu akan dipasarkan mulai semester pertama tahun 2019.

Selain itu, Wuling juga akan memperkenalkan Baojun 530 atau Almaz yang dalam bocorannya akan dilengkapi dengan mesin 1.5L turbo.

Dan jika dilihat pada pilihan mesin itu, Wuling diperkirakan tidak jauh beda dengan produk sesamanya asal China, DFSK Glory 580. Glory 580 merupakan SUV 7 penumpang yang secara dimensi menyasar segmen Honda CR-V dan Nissan Terra. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS

 





Loading...