Sunday, 20 Jan 2019

Puluhan Rumah Tertimbun Longsor di Cisolok Sukabumi, 4 Tewas

news24xx


Bukit di Cisolok Sukabumi yang longsor setelah diguyur hujan lebat. Foto: int Bukit di Cisolok Sukabumi yang longsor setelah diguyur hujan lebat. Foto: int

NEWS24.CO.ID - Saat menjelang pergantian tahun 2019, kabar duka datang dari Cisolok Sukabumi, Jawa Barat. Puluhan rumah tertimbun longsor yang terjadi Senin (31/12/2018) sekitar pukul 17.00 WIB. Sejauh ini, 4 orang dikabarkan tewas. Sementara 4 lainnya masih dalam proses pencarian.

Longsor tepatnya terjadi di Kampung Cigarehong, Kadusunan Cimapag, Desa Sirnaresmi.  Dalam keterangan tertulisnya tadi malam, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman, mengatakan, sejauh ini penanganan di lokasi telah dilakukan, seperti dilansir kompas.com.



Read More : Gempa 4,3 SR Guncang Bengkulu Saat Salat Jumat

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan perbukitan di daerah itu.

Bukit kemudian longsor dan menimbulan puluhan rumah warga. Diperkirakan, ada sekitar 34 rumah yang tertimbun material longsor.

Dari data sementara, diperkirakan ad 8 orang tertimbun longsor. 4 di antaranya telah dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia. Sedangkan 4 orang lainnya masih dalam proses pencarian.



Read More : Sandiaga Uno Salami Megawati Sambil Membungkuk, Netizen: Ini Akhlak Keren

Petugas di lapangan terkendala dengan cuaca yang masih hujan serta kegelapan malam. Selain itu listrik ikut padam sehingga komunikasi seluler juga terganggu. Upaya evakuasi akan dilanjutkan pagi ini.
 
"Akses jalan menuju lokasi longsor jalanan yang terjal, berbatu dan ditambah cuaca hujan rintik menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi. Posko BNPB terus memantau penanganan bencana dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Provinsi Jawa Barat," ungkapnya. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS