Tuesday, 23 Apr 2024

Wah, Walikota Pekanbaru Umumkan Siaga Banjir

news24xx


Sejumlah titik di Kota Pekanbaru rawan tergenang banjir bila hujan lebat turun. Foto: int Sejumlah titik di Kota Pekanbaru rawan tergenang banjir bila hujan lebat turun. Foto: int
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Masyarakat Kota Pekanbaru, Riau, tampaknya harus meningkatkan kewaspadaan, seiring semakin tingginya curah hujan beberapa waktu belakangan ini. Walikota Pekanbaru Firdaus, mengumumkan status Kota Pekanbaru adalah siaga banjir.

Hal itu itu dilontarkannya saat apel siaga banjir dan longsor di halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kamis (20/12/2018). cerdaspoker

Dikatakan, seiring dengan semakin tingginya curahhujan, saat ini permukaan air sungai dan anak sungai terus meninggi. Kondisi ini tidak saja terjadi di Pekanbaru, namun merata di hampir seluruh kawasan di Provinsi Riau.

"Kondisi ini sudah bermula sejak awal musim hujan datang pada November dan Desember. Bukan hanya di Pekanbaru, tetapi juga di Provinsi Riau," ungkap Firdaus.

Beberapa kota yang berada di dataran tinggi, saat ini malah sudah diterjang banjir. Salah satu contohnya, adalah Ibukota Kabupaten Kampar, Bangkinang.

"Dulu, kota itu tidak pernah banjir.  Padahal kotanya tinggi dari sungai. Tapi bisa banjir kemarin," ungkap Firdaus.

Dikatakan, penetapan status siaga banjir tersebut, agar seluruh stake holder di Kota Bertuah lebih siap lagi dalam menghadapi bentuk bencana apa pun yang menimpa Pekanbaru.

"Kondisi darurat harus dinyatakan oleh kepala daerah. Kalau tidak diumumkan sebagai daerah gawat darurat siaga bencana, teman-teman yang dalam regu tidak maksimal bergerak," tutup Firdaus. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS/SURYA

 





Loading...