Saturday, 20 Apr 2024

Ini Manfaat Kawa Daun, Kopi Khas Sumatea Barat yang Bisa mengtasi Beragam Penyakit

news24xx


Proses pembuatan Kawa Daun yang masih terjaga hingga saat ini. Foto: int Proses pembuatan Kawa Daun yang masih terjaga hingga saat ini. Foto: int
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kawa Daun, itulah kopi khas Sumatera Barat, yang saat ini kian dikenal. Beda halnya dengan kopi lain yang diolah dari biji kopi, Kawa Daun diolah dari daun kopi robusta.

Biasanya, kopi ini banyak dijual di beberapa kawasan di Sumatera Barat, seperti Payakumbuh, Batusangkar, hingga Sawahlunto. Meski berasal dari kopi, rasa dan aromanya dijamin tak kalah nikmat dengan kopi biasa.
 
Tak hanya beda bahan bakunya, Kawa Daun juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Dikutip dari Badan Bahasa Kemdikbud, sejak zaman dahulu, minuman itu diyakini bisa mengobati penyakit tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, penyakit jantung, hingga melancarkan saluran pernapasan.

Menurut cerita masyarakat Minangkabau, Kawa Daun telah ada sejak abad ke-19, tepatnya di masa penjajahan kaum kolonial. Ketika itu Belanda menerapkan tanam paksa kopi di Sumatera Barat. karena ketika itu kopi merupakan komoditi bernilai tinggi di Eropa, maka seluruh hasil panen kopi dari rakyat Minang harus diserahkan ke Belanda untuk diekspor ke Eropa.

Pada saat itu, masyarakat pribumi tidak bisa menikmati hasil panen kopi dari tanah mereka sendiri. Mereka seolah hanya boleh menanam, tanpa boleh menikmati hasil kopinya.

Bertolak dari kerinduan menikmati seduhan kopi, masyarakat di kawasan itu akhirnya mengolah daun kopi untuk selanjutnya dijadikan sebagai minuman.

Daun kopi dipercaya memiliki cukup kandungan kafein, meski tidak sebanyak biji kopi. Faktor inilah yang membuat, terbentuk cita rasa senada antara kopi dari biji maupun dari daun.

Pengolahan Kawa Daun lebih mirip dengan pengolahan daun teh. Di mana, daun kopi diasapi sampai mengering, kemudian disiram dengan air panas dalam sebuah tabung bambu. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS/NOF





Loading...