Saturday, 20 Apr 2024

BNPB Menjelaskan Fenomena Topi di Atas Gunung Semeru

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Puncak Gunung Semeru, yang sering disebut sebagai puncak para dewa, ditutupi oleh awan melingkar yang menyerupai topi.

Kepala Pusat Informasi Data dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan fenomena itu terjadi karena puncak gunung ditutupi oleh awan altocumulus lenticularis. Itu terbentuk karena turbulensi atau angin puyuh di puncak gunung.

"[Turbulensi] membentuk awan, sehingga terlihat seperti gunung yang memakai topi," kata Sutopo di posting Instagram-nya @sutopopurwo.

Sutopo mengatakan fenomena itu normal dan telah terjadi di puncak gunung lainnya. Itu tergantung pada dinamika atmosfer lokal.

"Tidak perlu dikaitkan dengan hal-hal mistis, bencana, atau peristiwa politik," katanya.

Sutopo memperingatkan bahwa turbulensi di puncak gunung menandakan angin badai yang kencang. Berbahaya bagi pendaki karena menyebabkan suhu dingin yang ekstrem.

Kepala BNPB bergurau bahwa fenomena itu lebih cocok sebagai latar belakang untuk mengambil foto pre-wedding. Dia menganggap bahwa mengambil foto dengan Gunung Semeru sebagai latar belakang lebih indah daripada foto pernikahan di semak-semak.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...