Saturday, 20 Apr 2024

Atasi Nyamuk yang Datang dari Genangan Air, Silakan Tempuh Cara Sederhana Ini

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu belakangan ini membuat sejumlah wilayah terkena banjir. Biasanya, kondisi ini akan diikuti dengan masalah lain, seperti perkembangbiakan nyamuk yang pesat. Kondisi ini terjadi karena banjir kerap meninggalkan genangan air, tempat nyamuk berkembang biak.

Untuk mengatasi nyamuk, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Hanya dengam menggunakan bahan-baham alami dari hasil tanamam yang ada di sekitar kita, yang dikutip dari tipsdoktercantik.com

- Kulit jeruk
Ada baiknya untuk tidak tergesa-gesa membuang kulit dari jeruk yang dimakan. Kulit jeruk termasuk ke dalam bahan alami yang dapat mengusir nyamuk. Kulit jeruk dikeringkan terlebih dahulu, lalu kulit jeruk yang telah dikeringkan bisa diletakkan di tempat yang sering didatangkan nyamuk. Dan nyamuk memang tidak suka dengan bau kulit jeruk yang telah kering.

- Bawang putih
Selain bisa membuat tidur lebih nyenyak, bawang putih juga ampuh mengusir nyamuk. Baunya yang menyengat membuat nyamuk enggan datang. Caranya pun mudah, yakni dengan memakannya dan biarkan tubuhmu bekerja secara alamiah. Namun, jika tak sanggup, bisa menghancurkan 2-3 siung bawang putih, setelahnya rebus bersama air. Air rebusan bawang putih tersebut dapat disemprotkan ke ruang yang banyak nyamuknya dan bisa juga disemprotkan ke seluruh tubuh.

- Lavender
Salah satu bunga yang tak disukai nyamuk adalah lavender. Sehingga, kita bisa menggunakan body lotion yang memiliki kandungan lavender atau menyalakan lilin aroma lavender pada kamar tidur atau ruang lainnya untuk mengusir nyamuk.

- Lemon
Salah satu bahan alami yang mudah ditemui untuk mengusir nyamuk adalah lemon. Peras lemon dan ambil sarinya. Masukkan ke dalam botol semprot dan beri sedikit air. Kocok rata, lalu semprotkan ke ruang yang banyak nyamuk.

- Serai
Ini juga termasuk ke dalam bahan alami untuk mengusir nyamuk. Ambil beberapa batang serai dan kemudian potong tipis-tipis. Lalu, letakkan di sebuah wadah dan taruh di kolong tempat tidur atau sudut-sudut rumah. Selain membuat rumah menjadi lebih fresh, aroma yang dimunculkan oleh serai membuat nyamuk lari. Semakin lama serai ditaruh hingga mengering, semakin menyengat bau yang dihasilkan dan membuat nyamuk tidak berani datang. ***

R24/nof

 





Loading...