Sunday, 16 Dec 2018

Asyiknya, Mulai Tahun Depan, Negeri Ini Gratiskan Seluruh Transportasi Publiknya

news24xx


Transportasi umum di Luxembourg City. Foto: int Transportasi umum di Luxembourg City. Foto: int

NEWS24.CO.ID - Mulai tahun depan, masyarakat Luksemburg (Luxembourg) mulai menikmati gratisnya naik angkutan umum. Pemerintah salah satu kerajaan terkaya di Eropa itu telah memutuskan untuk menggratiskan seluruh angkutan umum untuk masyarakatnya. Transportasi gratis itu berlaku untuk semua jenis angkutan. Mulai kereta api, trem hingga bus. 

Janji itu dilontarkan Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel, Rabu (5/12/2018), ketika dilantik untuk menjalani masa jabatan keduanya. 

Seperti dilansir kompas.com, langkah ini diambil sebagai salah satu bagian dari inisiatif lingkungan yang baru. Ibukota negara itu, Luxembourg City, menjadi salah satu kota di Eropa yang tingkat kemacetan arus lalu lintasnya terparah di dunia. 

Sebenarnya, populasi negeri ini  hanya 110.000 orang. Tapi lalu lintas di negara itu didatangi warga Perancis, Belgia, dan Jerman setiap harinya. 

Kerajaan Luksemburg merupakan negara terkecil kedua di Eropa. Namun kerajaan ini juga tercatat sebagai salah satu negara terkaya di Benua Biru. Setiap tahun negara ini menganggarkan 1 miliar euro atau sekitar Rp 16,4 triliun untuk sektor transportasi publik. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS