Sunday, 16 Dec 2018

Dinilai Tampil Terlalu Seksi di Depan Umum, Artis Mesir Tersandung Hukum

news24xx


Rania Youssef yang dinilai tampil terlalu seksi saat menghadiri penutupan Festival Film di Kairto, Mesir. Foto: int Rania Youssef yang dinilai tampil terlalu seksi saat menghadiri penutupan Festival Film di Kairto, Mesir. Foto: int

NEWS24.CO.ID - Artis Mesir Rania Youssef (44) terpaksa harus berhadapan dengan hukum. Hal itu setelah ia dinilai tampil dengan pakaian terlalu seksi di depan umum. Tak tanggung-tanggung, ancaman penjara 5 tahun juga telah menantinya jika terbukti bersalah. 

Kasus itu bermula saat Rania menghadiri penutupan Festival Film Mesir, baru-baru ini. Ketika itu, ia tampil mengenakan gaun yang memperlihatkan secara jelas bagian paha hingga kakinya. 

Kejadian itu akhirnya menimbulkan reaksi dari berbagai pihak. Salah satunya, datang dari persatuan aktor Mesir. Lembaga itu memutuskan untuk menerbitkan aturan berpakaian saat menghadiri festival film di negeri itu.

"Kriteria soal pakaian yang bisa dikenakan para aktris saat hadir dalam festival akan disusun," ungkap Ketua Persatuan Sindikasi Artistik Mesir, Omar Abdul Aziz, Minggu (2/12/2018). 

"Ini adalah langkah yang ditujukan untuk memperbaiki kesalahan di dalam persatuan profesi ini," ujarnya kepada stasiun televisi ONE, yang dilansir kompas.com. 

Meski mengkritik pilihan pakaian Rania, Abdul Aziz yang juga seorang sutradara kawakan itu menyampaikan kekecewaannya karena sang aktris harus diadili.

Sanksi hukum terhadap Rania, tergolong cukup berat. Jika terbukti bersalah dan dianggap melakukan tindakan tak senonoh di muka publik, hukuman penjara selama lima tahun telah menantinya. 

"Seharusnya seorang aktor atau aktris tidak diseret ke pengadilan dan dipenjara hanya karena cara berpakaian," ujar Abdul Aziz.

Sebelumnya, Rania sendiri telah meminta maaf setelah penampilannya itu mengundang kontroversi di tengah masyarakat Mesir. 

"Itu adalah kali pertama saya mengenakan gaun tersebut dan tidak menyangka akan menimbulkan kemarahan," ujarnya.

"Saya menekankan kembali komitmen saya terhadap nilai-nilai moral yang membangun  masyarakat Mesir," kata dia. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS