Sunday, 16 Dec 2018

KTT G20: Jusuf Kalla Akan Mengadakan Pertemuan Bilateral Dengan Erdogan

news24xx


Jusuf KallaJusuf Kalla

NEWS24.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah perwakilan Indonesia ditetapkan untuk berpartisipasi dalam KTT G20 tahunan di Buenos Aires, Argentina, dari tanggal 30 November hingga 1 Desember.

Wakil juru bicara kepresidenan Husain Abdullah mengatakan G20 akan memulai dengan rapat pleno. "Akan ada acara budaya dan makan malam dengan beberapa pemimpin G20," kata Husain dalam pernyataan tertulis yang diterima Tempo hari ini.

Husain mengatakan di sela-sela peristiwa itu, Kalla dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Pangeran Arab Saudi Mohammad Bin Salman.

Pertemuan bilateral dilaporkan diprakarsai oleh para pemimpin kedua negara. Namun, Husain belum mengungkapkan topik utama dalam pertemuan tersebut. "Tentunya, diskusi tidak dapat diungkapkan sebelum mereka selesai karena permintaan itu datang dari mereka," katanya.

Jusuf Kalla memperkirakan pertemuan bilateral kemungkinan akan berpusat pada langkah-langkah untuk membuat kedua negara lebih kuat dan masalah bilateral mempengaruhi kedua belah pihak. Jusuf Kalla juga mengatakan Indonesia berpotensi menjadi mediator antara Amerika Serikat dan Cina, yang saat ini terlibat dalam perang dagang.