Sunday, 16 Dec 2018

Ilmuwan Indonesia Bantu Rancang Robot Gundam Raksasa

news24xx


IlustrasiIlustrasi

NEWS24.CO.ID - Ilmuwan Indonesia yang terlibat dalam membuat raksasa robot Gundam di Jepang, Pitoyo Hartono, mengatakan bahwa ia diminta untuk menjadi bagian dari proyek semi-bercanda.

Shuji Hashimoto, seorang profesor teknik fisika di Universitas Waseda yang memimpin proyek ini, menelepon dia, tertawa. "Tolong bantu saya, kami akan melakukan sesuatu 'baka-bakashi', yang kira-kira berarti sesuatu yang konyol yang membuat orang akan mengolok-olok," kata Pitoyo kala menceritakan awal percakapan mereka.

Hashimoto adalah wakil rektor di Universitas Waseda di mana tempat Pitoyo belajar. Ini adalah salah satu universitas tertua di Jepang. Namun, kata Pitoyo, Hashimoto dengan senang hati meninggalkan zona nyamannya untuk proyek tersebut.

Dia mengatakan pada hari Jumat, 23 November. "Dia tidak khawatir tentang pendapat orang-orang."

Pitoyo sendiri adalah seorang profesor jaringan saraf tiruan di Departemen Mekanika dan Informasi di Universitas Chukyo Jepang.

Shuji Hashimoto adalah pemimpin Gundam Global Challenge-agen pencarian bakat di seluruh dunia untuk merancang skala penuh robot Gundam yang dapat bergerak setinggi 18 meter. Ada banyak ilmu, teknik, dan unsur-unsur seni dalam proyek ini.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV