Saturday, 20 Apr 2024

Lukisan Binatang Tertua di Dunia Ditemukan di Sebuah Gua di Kalimantan

news24xx


IlustrasiIlustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Lukisan sejumlah hewan yang diyakini sebagai yang tertua di dunia diidentifikasi di sebuah gua di Kalimantan Timur.

"Diperkirakan umurnya sekitar 40.000 tahun dan saat ini merupakan karya seni figuratif tertua yang diketahui," kata salah satu peneliti, Maxime Aubert, seorang akademisi dari Griffith University, Australia.

"Ini disebut sebagai yang tertua, karena seri kencan untuk objek itu menggunakan metode seri uranium yang dilakukan pada sampel kalsium karbonat," Aubert menambahkan pada konferensi pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Silvano Hajid melaporkan dari BBC News Indonesia. .

Lukisan batu tertua ditemukan di Lubang Jeriji Saleh, termasuk di daerah Sangkulirang Mangkalihat Karst di Kalimantan Timur, pada ketinggian 320 meter di atas permukaan laut.

Karya-karya dianggap sebagai contoh lukisan figuratif tertua, yang menggambarkan objek nyata seperti aslinya dan tidak dalam bentuk abstrak.

Para peneliti belum yakin hewan apa yang dilukis di dinding gua, tetapi mereka dianggap sebagai sapi jantan yang saat ini juga hidup di wilayah Kalimantan dan di beberapa daerah lain di Indonesia.

Hasil penelitian para ahli telah dipublikasikan di jurnal Nature.

Tim peneliti mengungkapkan bahwa perjalanan ke situs itu sangat sulit, karena itu adalah hutan lebat dan harus mendaki bukit dengan berbagai lereng. Para peneliti menemukan 300 stempel tangan dan 20 gambar binatang dan manusia di dalam gua.
 





Loading...
Related News