Friday, 19 Apr 2024

Survey : Sebagian Besar Sarapan Masyarakat Indonesia Terbuat Dari Karbohidrat

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Sebelas negara Asia Pasifik masih menganggap sarapan sebagai makanan paling penting hari ini, sebagaimana diungkapkan oleh survei yang dilakukan oleh perusahaan nutrisi global Herbalife.

Kompas.com melaporkan bahwa Survei Sarapan Sehat Asia Pasifik yang dilakukan pada bulan Februari diikuti kurang lebih 5.500 responden di Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Temuan-temuan tersebut diharapkan dapat menunjukkan wawasan tentang sikap sarapan dan kebiasaan konsumsi di wilayah tersebut.

“Kami senang melihat bahwa sebagian besar konsumen di Asia Pasifik sadar akan pentingnya makan sarapan,” Andam Dewi, direktur senior dan general manager Herbalife.

Di Indonesia, 88 persen responden sarapan di rumah, sementara 4 persen melewatkan sarapan, 5 persen makan di tempat kerja dan 3 persen makan sarapan saat dalam perjalanan ke kantor.

Namun, survei juga mengungkapkan bahwa sebagian besar sarapan Indonesia didominasi oleh karbohidrat. Empat puluh persen konsumen Indonesia menganggap karbohidrat penting untuk sarapan, sementara 56 persen mengkonsumsi makanan tradisional yang kebanyakan terbuat dari karbohidrat.

 

BACA JUGA :
Berbahagialah, Nasi Putih Tak Bikin Gemuk Akan Segera Dijual di Pasaran

 

Andam mengatakan bahwa makanan yang seimbang harus terdiri dari 40 persen karbohidrat, 30 persen protein, 30 persen lemak, 35 gram serat dan delapan gelas air setiap hari.

Samantha Clayton, wakil presiden Herbalife Nutrition of worldwide sports performance and fitness, mengatakan bahwa semangkuk nasi dengan sarapan tradisional ala Indonesia mengandung 200 kalori. Sementara itu, rata-rata orang Indonesia akan makan dua mangkuk nasi dan daging.

“Empat ratus kalori beras ditambah daging sama dengan 700 kalori. Kopi akan menambah 400 kalori lagi; itu lebih dari 1.000 kalori hanya dalam sekali makan, ”kata Samantha.

Dia menyarankan perubahan dalam porsi, sementara juga merekomendasikan protein. Dianggap sangat penting untuk tubuh, protein akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dari karbohidrat.

"Jika Anda ingin membuat perubahan, mulailah dengan porsi kecil," saran Samantha.

Menurut Fakultas Kesehatan Masyarakat Harvard, Institute of Medicine menetapkan berbagai macam asupan protein yang dapat diterima, dari 10 hingga 35 persen dari asupan kalori harian. Dianjurkan untuk memilih dengan bijak karena beberapa makanan berprotein tinggi lebih sehat daripada yang lain.

Sebagai contoh, meskipun steak steak 170 gram hanya memiliki sekitar 2,5 gr lemak jenuh, ia mengandung natrium. Sementara 170 gr salmon liar memiliki sekitar 34 gr protein dan secara alami rendah sodium.





Loading...