Wednesday, 14 Nov 2018

Terkait Insiden Lion Air JT 610, Ini Peringatan yang Akan Diberikan Boeing Kepada Maskapai Penerbangan Lain

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet

NEWS24.CO.ID - Boeing Co. berencana untuk mengirimkan peringatan keselamatan kepada operator Boeing 737 Max 8. Hal ini dilakukan sebagai tanggapan perusahaan atas insiden kecelakaan yang terjadi pada penerbangan Lion Air JT-610 yang menewaskan 189 orang di Laut Karawang, berdasarkan hasil penyelidikan awal.

Sebuah buletin dari Boeing menulis akan memperingatkan maskapai dari penerbangan lain bahwa kesalahan dalam pembacaan sistem pemantauan penerbangan dapat menyebabkan pesawat tiba-tiba menyelam.

"Boeing akan memperingatkan pilot agar mengikuti prosedur yang ada tentang bagaimana menangani masalah tersebut," kata seorang sumber yang tidak disebutkan namanya kepada Bloomberg seperti dikutip oleh Bisnis.com, 7 November 2018.

Pilot, dalam keadaan tertentu, harus terbang secara manual. Sementara pesawat Boeing Max akan secara otomatis menekan ujung pesawat ketika mendeteksi kemungkinan aerodinamis.

Pesawat Boeing 737 Max 8 jatuh ke Laut Jawa Barat di daerah Kerawang, 13 menit setelah pesawat lepas landas. Pesawat tersebut diketahui menyelam dengan kecepatan hingga 600 mil per jam sebelum akhirnya menabrak air.

Ketua Komite Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan bahwa Lion Air JT610 yang jatuh memiliki masalah dengan kecepatan udara yang tidak dapat diandalkan selama empat penerbangan terakhir, termasuk yang berakhir dengan kecelakaan, menewaskan semua orang di dalamnya.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV