Tuesday, 20 Nov 2018

Hari Ini, Rupiah Menguat 0,77 Persen

news24xx


Rupiah Rupiah

NEWS24.CO.ID - Pasar valuta asing menunjukkan bahwa rupiah menguat menjadi Rp14.862 per dolar AS pada pukul 10:16 pagi pada hari Selasa, 6 November 2018. Nilai ini menguat 0,77 persen dari posisinya pada hari Senin.

Sementara itu, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menunjukkan bahwa rupiah terapresiasi 0,54 persen menjadi Rp 14.891 per dolar AS dibandingkan hari sebelumnya.

Analis Faisyal dari Monex Investindo Futures mengatakan mata uang menguat pada sentimen positif dari data Statistik Indonesia (BPS) yang dirilis pada hari Senin, yang mencatat peningkatan 5,17 persen pada produk domestik bruto (PDB) pada kuartal ketiga, lebih tinggi dari perkiraannya sebesar 5,14 persen.

Pemilihan paruh waktu di Amerika Serikat juga telah menyebabkan investor untuk lebih berhati-hati dalam mengubah modal mereka menjadi dolar, kata Faisyal seperti dikutip oleh kontan.co.id, menambahkan bahwa greenback juga di bawah tekanan karena adanya tren penguatan di antara mata uang Eropa, termasuk euro.

"Salah satu faktor berkontribusi adalah bahwa pemerintah Italia siap berkompromi dengan komite Eropa pada anggaran negaranya," katanya. Faisyal percaya bahwa tren penguatan rupiah akan terus berlanjut sepanjang hari.

Sementara itu, ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail juga percaya bahwa ujian tengah semester AS telah mengurangi permintaan untuk dolar AS. "Para investor cenderung berpikir bahwa Demokrat akan memenangkan pemilu," tambah Ahmad.

Dia memperkirakan bahwa indeks dolar AS akan berkisar antara 96 ​​dan 96,30.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV