Tuesday, 20 Nov 2018

Festival Tlatah Bocah Tampilkan Seni Tradisional Kontemporer Anak-anak

news24xx


Festival Tlatah BocahFestival Tlatah Bocah

NEWS24.CO.ID - Acara seni dan budaya tahunan Tlatah Bocah telah diadakan pada 27-28 Oktober di Sanggar Bangun Budaya, desa Duren, Magelang, Jawa Tengah.

Festival ini memamerkan seni tradisional dan kontemporer yang beragam oleh anak-anak dari berbagai pusat seni yang terletak di lereng Gunung Merapi. Pemain untuk tahun ini dan sebagian besar penonton adalah anak-anak lokal, bersama dengan bintang tamu dari Kendal, Jombang, Surabaya, Yogyakarta, Surakarta, dan Jakarta. Selain itu seniman internasional dari Jepang dan Brasil juga berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pertunjukan yang disorot termasuk tarian tradisional yang berasal dari Gunung Merapi, seperti Topeng Ireng (topeng hitam), Jathilan dan Topeng Buto (topeng raksasa). Tarian lain yang dilakukan dalam acara tersebut termasuk Singo Barong, Basaba, Ngremo dan Ludruk.

Pertunjukan non-tradisional seperti pertunjukan teater pantomim dan boneka dipresentasikan oleh Badala dari Jawa Timur dan Papermoon dari Yogyakarta. Pengunjung juga dapat terlibat dalam lokakarya seni yang menyediakan pembuatan topeng kertas, lukisan pada T-shirt dan teknik shibori (teknik pewarnaan asal Jepang).

Gunawan Julianto, inisiator Festival Tlatah Bocah, mengatakan bahwa dalam acara tersebut anak-anak didorong untuk belajar berkolaborasi dalam keragaman.

“Tlatah Bocah harus mengingatkan orang tua bahwa kehidupan anak-anak seharusnya diisi dengan bermain dan belajar dalam kebahagiaan,” katanya.

 

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV