Saturday, 20 Apr 2024

Banjir Bandang Menyapu Sumatera Utara, Riau dan Jawa Barat

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Hujan deras di bagian barat negara Indonesia akhir-akhir ini mengakibatkan banjir dan tanah longsor di beberapa provinsi, termasuk Sumatra Utara, Riau, dan Jawa Barat yanh merenggut nyawa sejumlah orang. Tubuh Ulin Muslikin, seorang penduduk desa Kebun Lado di kabupaten Kuantan  Singingi, Riau, ditemukan tewas pada Kamis pagi setelah hilang selama tiga hari. Diketahui, sebelumnya penambang emas berusia 25 tahun itu dilaporkan berusaha menyeberangi Sungai Singingi yang meluap pada hari Selasa, 6 November 2018.

"Insiden itu terjadi pada hari Selasa sekitar pukul 9 pagi (setelah hujan lebat)," kata kepala desa Lado, Irfansyah, Kamis, 8 November 2018.

“Segera setelah menerima laporan tentang insiden itu, tim pencari dan penyelamat berangkat dengan dua speedboat dan empat kano untuk mencari korban. Tim menemukan mayat pagi ini, ”katanya.

Ulin dibawa ke pusat kesehatan Singingi untuk otopsi dan nantinya akan dikubur di kampung halamannya di Pati, Jawa Tengah.

Sementara di Mandailing Natal, Sumatera Utara, banjir mengungsi ribuan orang pada Rabu malam. Air dari Sungai Batang Gadis yang meluap di kabupaten itu menyapu kawasan perumahan dan merusak jalan.

“Banyak rumah yang hanyut. Kami mencatat jumlahnya, ”kata Kepala Badan Koordinasi Bencana Natal Mandailing, Sulpardi.

Setidaknya sembilan kabupaten telah terendam, yaitu Lingga Bayu, Panyabungan, Kotanopan, Tambangan, Hutabargot, Panyabungan Selatan, Batang Natal, Kecamatan Naga Juang dan Panyabungan Timur. Orang-orang yang kehilangan tempat tinggal ditempatkan di gedung multiguna di Jl. Mandailing di kabupaten.

Sulpardi mengatakan beberapa sekolah telah ditutup karena banjir.

Banjir terjadi di kabupaten yang sama bulan lalu, mengklaim 17 kehidupan. Dua belas dari korban adalah siswa dari sekolah dasar setempat yang telah belajar di kelas mereka.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan kemungkinan hujan deras dalam dua minggu ke depan di bagian barat Indonesia. Para warga juga telah diperingatkan tentang potensi longsor dan banjir bandang.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...